Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Grid Slider

Grid Slider Styles

Display Trending Posts

Display Author Bio

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mencegah penyakit Gula atau Diabetes


Cara Mencegah penyakit Gula atau Diabetes

Cara Mencegah penyakit Gula atau Diabetes Diabetes atau sering disebut penyakit gula adalah penyakit yang diturunkan. Orang dengan riwayat keluarga diabetes lebih cenderung untuk menderita penyakit ini dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak memiliki riwayat genetik. Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes bisa mencegah munculnya penyakit ini pada dirinya dengan melakukan beberapa tes/pemeriksaan lab. Dokter akan melakukan serangkaian tes darah yang bisa membantu menentukan apakah orang tersebut memiliki predisposisi terkena diabetes atau tidak. Jika seseorang memiliki kondisi pre diabetic ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna mencegah timbulnya penyakit termasuk, Kenali diabetes melitus tipe 2.

Diabetes tipe II kini menjadi epidemik di beberapa daerah terutama di lingkungan dengan penderita obesitas yang tinggi. Lingkungan dengan orang-orang yang cenderung mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula serta rendah zat gizi dalam jumlah yang direkomendasikan. Orang dengan obesitas memiliki kecenderungan yang tinggi menderita diabetes dibandingkan dengan orang yang menjaga berat badannya.

Baca juga : Obat diabetes tradisional alami

Salah satu cara untuk mencegah diabetes atau penyakit gula adalah dengan menjaga berat badan (managing weight). Meskipun tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk menghindari faktor genetik yang tidak bisa dikontrol, banyak faktor lain yang bisa kita hindari.

Cara Mencegah penyakit Gula atau Diabetes

Hal pertama cara mencegah penyakit gula adalah dengan mengontrol berat badan (control weight). Banyak penelitian membuktikan, orang dengan overweight lebih gampang menderita diabetes. Kalau kita ditanya bagaimana cara mencegah diabetes? Jawabannya adalah dengan me-manage berat badan. Dan cara untuk me-manage berat badan adalah dengan menghindari makanan yang ber-lemak jenuh (saturated fat) dan gula, termasuk makanan fast food yang biasanya mengandung banyak lemak/kolesterol dan karbohidrat.

Baca juga: Ramuan alami tanaman obat diabetes

Usaha lain cara mencegah diabetes adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, satu hal yang sudah diketahui umum tapi masih saja banyak yang malas melakukannya. Olahraga teratur dapat meningkatkan kemampuan tubuh mengontrol gula darah. Otot-otot yang sering aktif lebih cepat menyingkirkan glucose dari darah dibandingkan otot yang jarang bergerak. Percayalah otot yang sering digunakan berolahraga teratur bisa memberikan keajaiban dalam mencegah timbulnya diabetes. Lagipula, olahraga yang teratur akan membantu menjaga berat badan tetap stabil, faktor lain yang mencegah obesity.

Baca juga: Cara membuat jus pare untuk penderita diabetes

Pemahaman orang-orang yang menghubungkan diabetes dengan konsumsi gula yang berlebihan adalah kurang tepat. Bukan hanya gula yang berkontribusi penyebab diabetes. Akan sangat baik bila kita mengurangi konsumsi gula yang berlebihan di makanan kita akan tetapi kita juga mesti tahu karbohidrat juga berkontribusi besar terhadap penyebab diabetes. Untuk mencegah diabetes kita mesti lebih aware terhadap indeks glikemik -Glycemic Index.

Kesimpulan

Bagaimana mencegah diabetes bisa kita lakukan dengan fokus pada kontrol berat badan, olahraga yang teratur dan diet. Tips Hidup Sehat Penderita Diabetes secara sederhana berupa perubahan gaya hidup dapat menghindarkan kita dari potensi penyakit berbahaya yang bisa mengancam hidup.
Unknown
0 Comments
Share This Post :

You Might Also Like

Tidak ada komentar:

Posting Komentar