Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Grid Slider

Grid Slider Styles

Display Trending Posts

Display Author Bio

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Diberdayakan oleh Blogger.

Gejala dan penyebab vertigo


Gejala dan penyebab vertigo - Apakah Penyakit Vertigo Itu? Vertigo merupakan salah satu bentuk dari adanya gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam, sehingga menyebabkan penderitanya merasakan pusing atau keadaan sekitar terasa berputar. Bentuk kelainan seperti ini disebabkan akibat adanya gangguan pada keseimbangan baik itu gangguan sentral maupun perifer. Kelainan pada telinga sering kali menyebabkan timbulnya vertigo. Untuk mengetahui adanya kelainan yang beresiko terjadinya vertigo, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan yang disebut dengan elektronistagmografi. Penyakit vertigo juga mungkin dapat berhubungan dengan beberapa faktor seperti cedera pada kepala dan leher, gangguan pada otak seperti stroke dan tumor, sakit kepala atau migrain, hingga akibat konsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan efek samping pada kerusakan telinga.

Gejala dan penyebab vertigo


Penyebab Vertigo


Dari kebanyakan kasus pederita vertigo, lebih sering disebabkan akibat masalah / gangguan pada telingan bagian dalam. Dann berikut beberapa penyebab vertigo paling umum yang diantaranya :

Benign paroxysmal positional vertigo atau BPPV.


BPPV ini terjadi akibat adanya gangguan terhadap partikel kalsium kecil (canaliths) di kanal telinga bagian dalam. Dimana telinga bagian dalam akan mengirimkan sinyal pada otak tentang gerakan relatif kepala dan tubuh terhadap gravitasi. Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan. BPPV sering kali terjadi dengan tanpa alasan yang pasti dan mungkin berhubungan juga dengan faktor usia.

Penyakit Meniere.


Penyakit ini merupakan salah satu jenis dari gangguan pada telingan bagian dalam yang disebabkan akibat adanya penumpukan pada tekanan fluida dan perubahan di telinga. Kondisi ini dapat menyebabkan episode dari vertigo bersama dengan telinga berdenging (tinnitus), dan gangguan pendengaran lainnya.

Neuritis vestibular atau labyrinthitis.


Ini merupakan suatu gangguan pada telingan bagian dalam yang biasanya berkaitan dengan adanya infeksi (biasanya virus). Infeksi ini menyebabkan terjadinya peradangan pada telinga bagian dalam sekitar saraf yang penting untuk membantu dalam keseimbangan tubuh.

Gejala Vertigo


Gejala vertigo biasanya sering dipicu oleh adanya perubahan posisi kepala. Adapun gejala lain yang menyertai terjadinya vertigo antara lain :

  • Terasa mual.

  • Gerakan mata yang abnormal / menyentak yang disebut dengan nystagmus.

  • Pusing seperti berputar-putar dan sakit kepala.

  • Berkeringat.

  • Dering ditelinga atau gangguan pada pendengaran.


Gejala vertigo umumnya berlangsung beberapa menit atau bahkan beberapa jam atau lebih, dan dapat terjadi berulang-ulang juga bersifat hilang timbul.

Demikian sedikit gambaran dari Gejala dan penyebab vertigo, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Konrad Tarigan Nedu
0 Comments
Share This Post :

You Might Also Like

Tidak ada komentar:

Posting Komentar